LEARNING COMUNITY BERSAMA PT THIESS INDONESIA

Jumat, 8 Oktober 2021

Learning comunity yang diselenggarakan SMK Negeri 1 Ngawen pada hari Jumat, 8 Oktober 2021 bersama Bapak Fajar Widiyanto dari PT Thiess Indonesia bertujuan untuk mensinergikan kebutuhan DU/DI.

Disini di jelaskan oleh Bapak Fajar, untuk mensinergikan dunia pendidikan dan dunia industri, hal yang harus dilakukan oleh dunia industri adalah menginformasikan mengenai kebutuhan tenaga kerja perusahaan tersebut sesuai dengan kompetensi yang sesuai. Kemudian tugas dari dunia pendidikan adalah menyiapkan calon tenaga kerja sesuai spesifikasi yang dibutuhkan DU/DI. Melakukan pelatihan tenaga kerja melalui BLK serta melakukan komunikasi guna memperoleh sinkronisasi. Selain itu melakukan MOU, Diskusi dengan DU/DI, membuat pola materi pendidikan serta Uji Kompetensi Siswa.

Selain Hal tersebut diatas, hal yang harus dipersiapkan oleh dunia pendidikan adalah soft sklill dan hard skill.
Hard skill adalah ketrampilan teknis(untuk memperolehnya diperlukan belajar dan berlatih dalam program pendidikan Khusus) Sedangkan Soft Skill yang harus dimiliki para siswa adalah : ketrampilan non teknis, komunikasi, menjalin hubungan dengan orang lain, menyelesaikan masalah dan berfikir kritis, pendengar yang aktif, giat belajar, berorganisasi, mengolah waktu, profesionalisme, fleksibel dan kemampuan beradaptasi.

Kebutuhan PT THIESS INDONESIA bukan hanya pada jurusan TAB saja,akan tetapi untuk jurusan TKR dan TKJ dan jurusan yang lain juga punya peluang untuk bergabung didalamnya, maka disini diperlukan kesiapan soft skill dan hard skill yang dapat menjadikan siswa siswi SMK Negeri 1 Ngawen dapat bergabung didalam perusahaan bergengsi tersebut dengan prosentase yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Selain Soft skill dan hard skill yang harus dipersiapkan di dunia pendidikan agar lulusannya dapat bergabung dengan perusahaan bergengsi, yang harus disiapkan lagi adalah Skill kompetensi, dimana setiap jenis pekerjaan akan selalu memerlukan sebuah ketrampilan sehingga dapat dikerjkan dengan baik, mencapai target yang ditetapkan dan meraih tuuan akhir yang diinginkan.

Skill kompetensi yang harus dimiliki adalah 1. Integritas yang tinggi, 2. Mendevelop agar mereka bisa sukses, 3. membangun manajemen tim, 4. memiliki pribadi yang dapat menginspirasi, 5. menciptakan organisasi yang fleksibel, 6. menerapkan sistem yang relevan serta bisa berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris.

Dari kegiatan yang diselenggarakan hari ini, diharapkan dapat membantu dunia pendidikan pada umumnya dan SMK NEGERI 1 NGAWEN khususnya, untuk menyiapkan para siswa siswinya terJun ke dunia usaha dan dunia industri dengan bekal yang cukup, sehingga mereka dapat bergabung dengan perusahaan yang bergengsi di Indonesia, salah satu nya adalah PT THIESS INDONESIA.

Share this

Leave a Reply