“PENGETAN KAMIS PAHING KRATON NGAYOGYAKARTA ING MONGSO PANDEMI” SMK N 1 NGAWEN

Kamis Pahing, 3 September 2020


Ngawen, Hari ini bertepatan dengan kamis pahing, yang merupakan weton berdirinya Kraton Yogyakarta, yaitu semenjak perpindahannya dari Pesanggrahan Ambarketawang (di sisi barat Kota Yogyakarta) menuju lokasi Kraton Yogyakarta yang sekarang ini (alas Beringan)

Setiap Kamis Pahing seluruh instansi di wilayah pemerintahan Prov DI Yogyakarta diwajibkan untuk mengenakan pakaian adat Yogyakarta. Sesuai dengan Perwal pemerintahan Prov DI Yogyakarta, yang diteken akhir Maret 2014 lalu dan mulai disosialisasikan per April 2014. Perwal ini berisi peraturan mengenai pemakaian pakaian adat khas Yogyakarta tiap Kamis Pahing, baik untuk pegawai pemerintahan Prov DI Yogyakarta serta seluruh pelajar di Kota Yogyakarta.  Sesuai dengan ketentuan tersebut maka SMK Negeri 1 Ngawen selain mengenakan pakaian adat juga mengadakan apel bersama dilapangan dengan bapak ibu guru dan karyawan. Pada apel hari ini di pimpin langsung oleh ibu Supiningsih, S.Pd, M.Pd selaku Kepala Sekolah. ” Mugi mugi pengetan dinten meniko saged nguri-uri kabudayan ing pemerintahan kraton ngayogyokarta wonten ing mongso pandemi meniko. Pangandikan ibu Supiningsih, S.Pd.M.Pd ing tanah lapang SMK N 1 Ngawen naliko kegiatan apel pagi.

Amanat apel pada pagi hari ini berkaitan dengan tatacara penggunaan pakaian adat itu sendiri, bahwa pada hakekatnya kita tidak diperbolehkan mengenakan surjan yang bermotif bunga-bunga (sembagi dan sebagainya), karena motif bunga khusus untuk keluarga kraton, demikian juga dengan kainnya, tidak boleh bermotif parang barong karena motif ini digunakan oleh Sinuwun Kanjeng Sultan ketika melakukan pertemuan besar,
tidak boleh mengenakan motif parang rusak karena digunakan oleh raja dan pangeran, dilarang mengenakan parang soblog dikenakan motif ini digunakan untuk menutup jenazah sebelum dimakamkan , kawung ageng motif ini dilarang digunnakan dengan alasan motif ini digunakan oleh sentonodalem ketika menghadap raja dalam pertemuan rutin.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *